Saat ini komputer PC baik laptop maupun desktop yang menggunakan sistem operasi Windows umumnya tersedia dalam dua jenis, menggunakan Windows versi 32-bit atau versi 64-bit. Perbedaannya ialah jumlah informasi yang mampu ditangani oleh prosesor PC pada saat tertentu. Sedangkan komputer yang dirancang untuk sistem operasi 64-bit memiliki potensi kinerja komputer yang jauh lebih besar, sehingga memerlukan perubahan mendasar dalam merancang sebuah software untuk sistem operasi 64-bit.

Kata “bit” mengacu pada cara komputer menangani informasi dalam kode binary, dimana seluruh data dikenali sebagai serangkaian angka digit yang terdiri dari 1 atau 0. Masing-masing digit dihitung sebagai satu bit, yang artinya prosesor 32-bit dapat memproses 32 digit sekaligus.

Software untuk komputer dengan prosesor 32-bit termasuk sistem operasi seperti Windows, memiliki keterangan khusus untuk menyesuaikan dengan jenis prosesor, hal yang sama juga berlaku pada prosesor 64-bit. Microsoft memproduksi Windows XP dan Vista edisi 32-bit dan 64-bit dan melakukan hal yang sama pada Windows 7.

Ada pula batasan matematis yang signifkan terhadap dua jenis prosesor. Prosesor 32-bit hanya dapat bekerja dengan kapasitas memori maksimal mencapai 4GB dan ini biasanya dibatasi 2GB untuk setiap satu DIMM memory. Sementara prosesor 64-bit secara teori, dapat bekerja dengan kapasitas memory hingga 17 juta GB. Prosesor 64-bit juga mampu menangani tugas hingga dua kali lebih cepat. 
Keterbatasan memori untuk prosesor 32-bit mulai terlihat jelas ketika Windows Vista, yang memerlukan memory kapasitas besar dan kerap kesulitan menjalankan beberapa program secara bersamaan, bahkan bila menggunakan memory dengan kapasitas penuh hingga 4GB sekalipun.

Sebelumnya, mustahil setiap satu program memerlukan lebih dari 2GB memori, namun beberepa video game moderan kini telah melebihi batas tersebut. Alasan inilah yang membuat prosesor 64-bit menjadi sangat pupuler, sehingga jumlah pelanggan yang tertarik untuk membeli sistem operasi 64-bit makin meningkat.

Windows edisi 64-bit dapat menjalankan sebagian besar software yang dirancang untuk edisi 32-bit melalui modus kompatibitas khusus, namun hasilnya bisa sangat bervariasi. Menggunakan sistem operasi 64-bit juga bisa menimbulkan sedikit masalah pada driver, yang merupakan bagian kecil software untuk mengkordinasi setiap perangkat hardware dengan sistem operasi



:)

SHARE PLEASE..


0 komentar:

Poskan Komentar

Jangan lupa klik iklannya, ngak susah kok! siapa tahu ada yang menarik.. karena setiap klik agan, sangat berarti buat blog ini biar tetep eksis!

KOMENTAR:
- mau koment ngasih link idup, mau ngasih link mati, terserah yang penting koment!!
- mau panjang atau pendek, ngak masalah yang penting koment!!
- mau kasar, SARA atau jorok, terserah yang penting koment!

( MANUSIA YG BERAKAL, BERAKHLAK & BERIMAN BOLEH KOMENT ASALKAN BUKAN ROBOT MBAH GOOGLE!!)

About Me


Saya seorang Blogger Pemula, Lahir di Banjarmasin 11 Desember 1993, saat ini sekarang saya sedang Kuliah di Universitas Lambung Mangkurat , Banjarbaru. untuk jurusan dan fakultas, saya di Fakultas MIPA Banjarbaru dan mengambil Jurusan Ilmu Komputer angakatan 2011.

jika kalian kenal, jangan ragu untuk menyapa, saya orangnya terbuka dan ramah kok! siap berteman dengan siapa saja hehe... dan jika kalian belum kenal, maka kita ada baiknya kenalan yuk!! sekian dulu, wassalam!
More About Me


FOLLOW & LIKE DULU GAN!



[X] CLOSE
close klik kanan